Tempat wisata di Banten terdampak tsunami Selat Sunda

tempat wisata di banten terdampak tsunami

Tempat wisata di Banten terdampak tsunami Selat Sunda – Sebagaimana kita ketahui, tanggal 22 Desember 2018 kemarin telah terjadi bencana tsunami di daerah Banten dan Lampung. Tsunami ini di sinyalir merupakan efek dari adanya erupsi anak gunung Krakatau. Erupsi yang sebenarnya telah lama terjadi, namun karena sesuatu hal membuat sebagian tubuh gunung tersebut longsor ke dalam laut secara mendadak. Sontak air laut menjadi naik dan akhirnya terjadi tsunami yang menyebar dari mulai pulau terdekat, kemudian sebagian wilayah Banten dan Lampung Selatan.

Wilayah perairan Banten memang berdekatan dengan posisi anak gunung Krakatau di Selat Sunda. Di perairan Banten inilah banyak sekali pulau dan pantai yang sejatinya selama ini menjadi tempat wisata favorit. Banyak wisatawan terutama dari Jakarta dan sekitarnya meluangkan waktu libur mereka di sini. Terutama bila libur panjang serta menjelang Natal dan Tahun Baru.

Namun dengan peristiwa tsunami ini, jelas merupakan pukulan bagi wisata Banten dengan rusaknya beberapa destinasi wisata unggulan. Bahkan untuk di wilayah pantai Carita saja, pengelola pantai menyatakan bahwa untuk membangun kembali fasilitas di area pantai Carita memerlukan biaya mencapai 150 Milyar dengan pemulihan bisa mencapai 6 bulan. Kali ini kami akan ulas tempat wisata di Banten terdampak tsunami selat sunda kemarin.

1. Pantai Anyer

tempat wisata di banten terdampak tsunami

Kawasan pantai Anyer ini merupakan salah satu tempat wisata di Banten terdampak tsunami 22 desember kemarin. Kawasan ini  memiliki beragam jenis pentai yang rata-rata sudah sangat populer di mata wisatawan. Anda tidak akan kesulitan menemukan foto-foto keren pantai Anyer karena memang pemandangan alam pantai yang disuguhkan sangat elok. Lokasinya berada Jalan Raya Sawahan Banten, tepatnya di desa Bulakan, Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pantai Anyer sebenarnya satu lanskap pantai dari beberapa pantai favorit di kawasan ini. Sebut saja pantai Jambu Anyer, Pantai Karang Bolong Anyer, Pantai Florida, Pantai Marbella, Pantai Marina dan lain – lain. Pantai Anyer banyak di buru wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berlibur. Sehingga tak heran di kawasan wisata Anyer ini infrastruktur pendukung wisata seperti hotel, restoran maupun fasilitas nongkrong tepi pantai kondisinya lebih baik dari daerah lainnya di Banten.

Dengan terjadinya peristiwa tsunami yang memporak porandakan beberapa area pantai di Banten. Kita tunggu apa bentuk pemulihan terhadap objek wisata pantai Anyer ini oleh pemerintah.

2. Pantai Carita

Tempat wisata di Banten terdampak tsunami

Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang  dan telah ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian No.440/kpts/UM/1978 pada tanggal 15 Juli 1978 sebagai Taman Wisata Alam. Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk mencapai pantai Carita ini anda bisa melalui jalan yang dari Anyer menuju Pandeglang, atau bisa juga dari arah kota Pandeglang menuju Labuan. Pantai Carita ini salah satu pantai yang cukup terkenal selain Anyer. Biasanya di pantai ini suka banyak di gunakan acara liburan keluarga maupun gathering. Namun sayangnya untuk beberapa tahun ini nampaknya kawasan Carita di beberapa area seperti kurang terurus. Apalagi ketika saat ini terdampak tsunami dahsyat Selat sunda, kita berharap kawasan wisata Carita bisa di bangun dengan lebih baik lagi.

3. Pantai Tanjung Lesung

Pantai ini terletak berdekatan dengan daerah Ujung Kulon, Banten, dan termasuk ke dalam kawasan yang dilindungi yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Lokasinya cukup mudah untuk ditemukan yakni berada di kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai di Banten ini harus menempuh jarak 180 km dari pusat kota Jakarta dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4 jam lebih 30 menit. Tenang saja, arus perjalanan untuk menuju kawasan ini sangat lancar dan tidak macet.

Pantai Tanjung Lesung sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat. Udara laut yang bersih akan menyegarkan pikiran anda. Pohon-pohon nan rindang yang bertebaran di sekitar pantai sangat menyejukan mata.

Ketika terjadi tsunami Selat Sunda kemarin, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai terdampak paling parah. Di pantai ini tengah di adakan acara gathering PLN yang di isi oleh salah satu Band Nasional yakni Seventeen. Banyak korban meninggal di acara tersebut.

Inilah beberapa di antara destinasi wisata Banten yang terdampak dari peristiwa tsunami Selat sunda tanggal 22 Desember kemarin. Semoga objek wisata ini segera pulih kembali guna mendukung kemakmuran penduduk Banten dan tentu saja menjadi andalan Indonesia dalam sektor pariwisata nasional. ( Cecep )

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *